Kamis, 04 Agustus 2011

SEJARAH BERKEMBANGNYA KOTA PALOPO

Istana Datoe Loewoe
(Gambar Istana Datu Luwu, sumber: azharmustamin.blogspot.com)

Tidak banyak tulisan mengenai awal berkembangnya kota Palopo. Sejarah Kota Palopo di info-palopo.com hanya mengurai dari sudut kesejarahan administrasi. Sudut budaya-sejarah Luwu, belum dikaji lebih dalam. Ternyata, dalam Buku “Ringkasan Sejarah Luwu: Bumi Sawerigading, Tana Luwu Mappatuwo” yang disusun Sarita Pawiloy, secara sederhana diuraikan awal berkembangnya Kota Palopo. Palopo berkembang di awal-awal kerajaan Islam Luwu tumbuh. Ketika itu Raja Luwu La Patiware Sultan Muhammad wafat dan digantikan anak mattola kedua(putera mahkota kedua), Patipasaung (1615-1637). Berdasarkan adat Luwu, anak mattola urutan pertama adalah Patiraja. Namun karena karakternya yang tidak terlalu disukai oleh kalangan bangsawan Islam (yang pada saat itu Islam adalah spirit Kerajaan Luwu), maka Patiraja tidak dipilih menjadi raja.
Terangkatnya adik Patiraja (Patipasaung) menjadi raja menimbulkan gejolak dalam Istana Luwu di Pattimang, Malangke. Beberapa petinggi istana yang mendukung Patiraja menolak keputusan adat yang menaikkan anak mattola kedua. Akhirnya Patiraja meninggalkan Pattimang dan hijrah ke Kamanre (eks pusat Kerajaan Luwu masa Dewaraja yang berkuasa sekitar 1530). Di Kamanre, Patiraja mengumumkan dirinya sebagai Datu Luwu dan diterima oleh seluruh Kemadikaan Ponrang (Cilellang, Bajo, Noling hingga Larompong). Dengan demikian, pada saat itu, ada dua pusat kerajaan Luwu (Ware’), yaitu yang pertama Luwu wilayah pengaruh Malangke (Baebunta hingga Poso), yang kedua Luwu wilayah pengaruh Ponrang (berpusat di Kamanre) meliputi Bajo, Ranteballa, Larompong sampai Akkotongeng. Sedangkan Kemadikaan Bua (meliputi Kolaka, Luwu Tenggara dan pula Palopo/Libukang) netral. Palopo kala itu merupakan perkampungan nelayan yang berpusat di Libukang.
Pada tahun 1616, perang saudara Luwu versi Pattimang versus Luwu versi Kamanre pecah. Perang ini terjadi selama kurang lebih 4 tahun, yang kemudian dikenal dengan Perang antara Utara dan Selatan. Hingga pada 1619, Maddika Bua berinisiatif untuk mencari solusi atas fenomena ini. Maka pada saat panen raya di Bua, Patiraja dan Patipasaung diundang oleh Maddika Bua. Mereka dibuatkan Baruga dengan 2 pintu masuk (utara-selatan). Pintu utara akan dimasuki oleh Patipasaung, dan pintu selatan oleh Patiraja. Mereka dipertemukan oleh Maddika Bua di ruang tengah baruga. Mereka kaget, lebih-lebih pada saat keduanya diserahi badik oleh Maddika Bua. Di ruang tersebut, hadir pula Madika Ponrang dan Makole Baebunta, yang kemudian oleh Madika Bua, beliau mempersilahkan Patipasaung dan Patiraja untuk bertarung. Madika Bua berkata “Wahai kedua junjungan kami, sudah tahunan rakyat saling membunuh, janda telah banyak, anak yatim sudah tidak terbilang lagi. Ini adalah akibat Luwu diperintah dua raja. Kami hanya menghendaki seorang”.
Pada saat itu, Patiraja insyaf. Ia berkata kepada Patipasaung “Wahai adikku. Engkaulah yang disukai oleh orang banyak. Aku ini, abangmu telah hanyut dalam gelora nafsu kekuasaan. Aku khilaf. Sebagian rakyat telah aku ikutkan dalam diriku. Terimalah badik ini, dan terima pula penduduk Kamanre seluruhnya ke dalam Luwu yang damai, tenteram dan sejahtera. Biarlah aku abangmu kembali ke Gowa di mana kita dilahirkan. Siapa tahu, Dewata Allah Taala menerima diriku di tanah leluhur kita”..
 Awal Sejarah Berkembangnya Kota Palopo
Inilah peristiwa yang kemudian menyatukan kembali Luwu. Patipasaung kemudian memindahkan Ware’ ke Palopo yang termasuk wilayah Bua. Ia kemudian pula mengukuhkan ‘anak telluE’ sebagai pilar utama Luwu. Patipasaung menata struktur pemerintahan Luwu, dimana kadhi berperan penting. Perpindahan pusat kerjaan Luwu ke Palopo dilanjutkan dengan pendirian Masjid Jami’. Masjid Jami’ yang dibangun 1619 kemudian dinyatakan oleh masyarakat Luwu sebagai pusat Palopo, bahkan posi’ tana, dan Ka’bah di Mekkah sebagai palisu tana. Arsitektur Kota Palopo ditata dengan pendekatan agar suasana ‘marowa’ tercipta. Empat puluh depa dari masjid dibangun pasar. Istana kediaman Datu juga 40 depa dari masjid. Jarak pasar dengan istana sekitar 80 depa. Dan antara ketiga bangunan itu adalah lapangan (di tengah). Arsitektur kota serupa kemudian dianjurkan di setiap wilayah kampung-kampung di Luwu. Demikianlah, Palopo kemudian menjadi pusat kerajaan Luwu hingga penjajah datang.
 Awal Sejarah Berkembangnya Kota Palopo
Sejak pindahnya pusat kedatuan ke Palopo, sejak itu pula Palopo menjadi barometer perkembangan Luwu. Masyarakatnya bangga menjadi To Ware. Pada tahun 1900, penduduk kota Palopo berjumlah sekitar 12.000 jiwa dari keseluruhan penduduk Luwu yang kurang lebih berjumlah 400.000 jiwa (termasuk Poso dan Kolaka). Palopo terdiri atas Kampung Tappong (kampung paling ramai dengan 120 rumah), Mangarabombang, PonjalaE (100 rumah), Campa, Bone, Parumpang, Amassangeng, Surutanga, Pajalesang, Bola Sada, Batupasi, Binturu (7 rumah), Tompotikka, WaruE, Songka, Penggoli, Luminda, Kampong Beru, Balandai (7 rumah), Rampuang dan Pulau Libukang. Pada masa itu, Latanadatu Luwu, Andi Kambo adalah rumah panggung kayu bertiang 88 buah (LangkanaE).Bangunan itu dirobohkan oleh Belanda, dan digantikan dengan bangunan berarsitektur eropa pada tahun 1920 (hampir bersamaan dengan Rumah Sakit).

0 komentar:

Posting Komentar

My Picture Slideshow: Hasrum’s trip from Jakarta, Java, Indonesia to Makassar was created by TripAdvisor. See another Makassar slideshow. Create a free slideshow with music from your travel photos.

Blogger Advertisement